Rabu, 12 April 2017

pengertian inkscape


1.             Pengantar Inkscape

  • Definisi dan fungsi software inkscape
Inkscape dirintis pada 2003 sebagai sebuah fork dari proyek Sodipodi. Sodipodi sendiri, yang dikembangkan sejak 1999, didasarkan pada Gill (Gnome Illustration Application), buah karya dari Raph Levien. Inkscape merupakan aplikasi editor grafik vector yang bersifat gratis dan open source untuk membuat dan mengedit grafik SVG(Scalable Vector Graphics). Inkscape bertujuan untuk menjadi alat bantu grafik yang tangguh dan mengikuti standar XML, SVG dan CSS.

Pada inkscape menawarkan pembuatan bentuk-bentuk dasar missal, elips, persegi empat, bintang, polygon dan spiral dan  juga kemampuan untuk mengubah bentuk dan memanipulasi bentuk-bentuk dasar tersebut dengan rotasi, pemelaran(stretch), dan pemiringan(skew).

Inkscape sebenarnya dikembangkan untuk Linux, tetapi akhirnya dapat berjalan diatas Mac OS X (menggunakan X11, walaupun juga dapat menggunakan Quartz), Sistem operasi UNIX-like lain, dan Microsoft Windows. Inkscape mempunyai dukungan untuk banyak bahasa terutama untuk skrip yang kompleks. Itu dikarenakan Inkscape bersifat cross-platform. 

  • Jelaskan status bar , menu bar, toolbar, pallet, koordinat zoom level, control bar dan command bar pada inkscape.
Status bar
Status Bar, berisi kolom-kolom yang digunakan menampilkan berbagai status dan informasi dari area kerja dan object yang sedang dikerjakan.

Menu bar
Bar Menu (baris menu), menampilkan daftar perintah yang bisa digunakan berupa menu, jika salah satu menu diklik maka akan keluar submenu lainnya.

Toolbar
Berada di sebelah kanan. Dan berisi berbagai ikon tool yang berfungsi membuat dan memanipulasi objek di lembar kerja Inkscape.

Pallet
Berada di bagian bawah. Berisi pilihan warna yang bisa di gunakan untuk memberikan warna objek. Baik warna atau warna garis pinggir objek.

Zoom Level Koordinat
Ini berada setingkat dengan status bar, tapi di paling kanan. Fungsinya menunjukkan koordinat mouse dan menunjukkan tingkat zoom.
 
Control Bar
Control Bar, menampilkan ikon-ikon untuk melakukan pengaturan pada object yang sedang dikerjakan, misalnya mengtur jarak object dari penggir halaman, mengatur tinggi dan lebar object, memutar object, dan lain-lain. Ikon akan berubah secara otomatis pada saat kita melakukan klik pada baris Toolbox

Command bar
Commands bar berisi ikon-ikon yang merupakan shortcut untuk perintah-perintah pokok seperti print, open, save, dan sebagainya.




Sumber berasal dari :


Binato Iwan, Multimedia Digital - Dasar Teori dan Pengembangannya, Yogakarta, 2010.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar